Bone graft adalah suatu bahan yang digunakan dalam proses operatif pada pasien dengan kerusakan jaringan tulang. Pada jaringan tulang yang mengalami kerusakan, diperlukan suatu perancah (scaffold) yang akan berfungsi sebagai pengganti lingkungan mikro yang hilang selama proses kerusakan/ kehilangan jaringan tulang.
Dengan fungsi memberikan lingkungan mikro yang sesuai dengan jaringan yang hilang, maka bone graft yang tepat akan membantu terjadinya rekruitmen sel (cellrecruitment) dan menjadi penghubung celah/ gap yang terjadi pada jaringan yang rusak atau hilang sehingga dapat membantu transportasi nutrisi, peredaran darah, dan zat-zat lain yang diperlukan untuk percepatan regenerasi jaringan.
Gama-CHA adalah suatu bone graft (material pengganti) tulang, yang diproduksi secara biomimetis (sesuai dengan kondisi fisiologis tibuh) dan identik dengan tulang asli manusia. Gama-CHA mengandung karbonat apatit (yang merupakan komponen tulang) serta polimer berupa kolagen terdenaturalisasi.
Gama-CHA terbuat dari mineral-mineral yang mengandung kalsium dan fosfat, yang diubah menjadi karbonat apatit. Reaksinya menggunakan reaksi disolusi-presipitasi suhu tubuh. Keuntungannya? identik hasilnya dengan komponen tulang manusia karena prosesnya biomimetik.
Graft tulang atau bone graft yang baik harus dapat diterima oleh tubuh, tidak memimbulkan reaksi toksisitas, hipersensitivitas, dan oleh karenanya harus identik dengan jaringan tulang asli pada tubuh manusia.
Gama-CHA berfungsi untuk mempercepat regenerasi jaringan tulang setelah proses operatif pada pasien.
1) Sebagai material substitusi tulang untuk mempertahankan ruang (bone defect maintenance) pada tulang yang rusak/ hilang.
2) Sebagai material substitusi tulang untuk menggantikan matriks esktraseluler yang hilang dan memiliki kandungan yang identik dengan matriks ekstraseluler yang hilang pada tulang yang rusak/ hilang.
3) Sebagai material substitusi tulang untuk memacu dan menginduksi pertumbuhan tulang baru.
• Graft tulang pertama di dunia yang identik dengan tulang asli manusia (biomimetic)
• Telah melalui serangkaian uji laboratoris dan klinis pada pasien, dan terbukti memiliki kualitas yang baik.
• Memiliki daya osteokonduktivitas yang unggul
• Memiliki variasi aplikasi yang sangat beragam
• Memiliki kemampuan pelepasan terkontrol atau controlled release
• Memiliki sertifikasi halal dari LPOM MUI
• Merupakan produk yang dikembangkan berdasar GMP (CPAKB)
• Memiliki izin edar dari Kemenkes RI, terjangkau, produk nasional yang jelas dan aman, serta mudah didapatkan
• Dilengkapi database dan layanan konsultasi melalui situs www.gamacha.info
Bentuk sediaan Gama-CHA adalah blok komposit dengan porositas interkonektif 3-Dimensi. Memiliki dua varian ukuran dan kemasan, yaitu: Kemasan Single Pack Berukuran panjang 1 cm dengan diameter 6 mm dan kemasan Double Pack dengan isi dua buah Gama-CHA berukuran diameter 6 mm dan panjang 5 mm.
Aplikasi Gama-CHA dilakukan seperti aplikasi graft tulang lain yang berbentuk komposit. Namun khusus untuk Gama-CHA, dapat langsung diaplikasikan ke area luka/ defek/ operasi dan akan mengembang dengan sendirinya saat berkontak dengan darah atau cairan tubuh. Gama-CHA dapat juga dibasahi terlebih dahulu menggunakan Saline steril,ataupun bahan tambahan lain seperti PRF, PRP dan antibiotik dengan sediaan cair.
Produk Gama-CHA itu sendiri bersifat muko-adhesif dan merupakan bentuk membrane yang tebal. Oleh karena itu, dalam kasus-kasus bedah mulut maupun periodonsia, penggunaan membran untuk Gama-CHA tidak diperlukan dan terbukti hasilnya baik. Untuk kasus-kasus periodonsia, Gama-CHA serta-merta berfungsi sebagai membran. Untuk luka atau defek yang dinamis (dynamic defect) dan atau defek dengan 2-3 dinding (walls), sebaiknya ditutup menggunakan membran.
Gama-CHA dapat teresorbsi seluruhnya secara perlahan mulai minggu ke-4 dan habis pada minggu ke-12 saat tulang telah terbentuk sempurna, lalu mengalami maturasi hingga minggu ke-24.
1. Pastikan kemasan Gama-CHA berada dalam kondisi utuh dan tidak rusak
2. Buka kemasan plastik Gama-CHA dengan menggunakan gunting steril
3. Ambil microtube dari dalam kemasan plastik dan buka tutupnya
4. Keluarkan Gama-CHA dari dalam microtube dengan menggunakan tissue gauze (atau dental pinset)
5. Aplikasikan Gama-CHA tanpa tekanan berlebihan pada area luka, area bekas pencabutan gigi, atau daerah operasi yang telah dibersihkan dari debris atau serpihan tulang dan sisa jaringan yang tidak diperlukan atau nekrotik
6. Biarkan Gama-CHA basah oleh darah dan beradaptasi (mengembang dan mengisi seluruh area luka, area bekas pencabutan gigi, atau daerah operasi), kurang lebih selama 2-3 menit.
7. Setelah itu, lanjutkan dengan prosedur baku penutupan luka/ area bekas pencabutan gigi/ daerah operasi.
Penggunaan Lain
1) Dapat dikombinasikan dengan molekul obat atau molekul aktif lainnya, tetapi harus disesuaikan dengan dosis terapi yang dianjurkan.
2) Dapat dipergunakan untuk kepentingan di luar kepentingan bidang kedokteran gigi, seperti bidang ortopedi dan bedah plastik, tetapi harus dilakukan oleh dokter spesialis yang sesuai keahliannya.




Distribusi dan Pemasaran

PT. KIMIA FARMA (PERSERO) Tbk
Pemasaran Etikal Kimia Farma
Jl. Veteran No. 9 Jakarta
Tlp. 021-3847709, Fax. 021-3440720

Manufacturing Laboratory

PT. SWAYASA PRAKARSA
Produksi GamaCha
Jl. Cik Di Tiro No. 34 , Terban Yogyakarta
Tlp. 0274 556195


Copyright © Gamacha 2014